Selasa, 10 Januari 2012

contoh makalah manajemen keuangan 1

Nama : Deni Dwi Lestari

Npm : 31209515

Untuk memenuhi tulisan Softskill ibu BUDI UTAMI, SE

Mata kuliah : Aspek Hukum dalam Bisnis #


MANAJEMEN KEUANGAN




TUGAS KELOMPOK

Diajukan untuk Memenuhi Tugas dari Ibu Lies Henderajaningsih untuk Mata Kuliah Manajemen Keuangan 1

Kelompok 3:


Deni Dwi Lestari (31209515)

Jurusan Manajemen Keuangan

Fakultas Bisnis & Kewirausahaan

Universitas Gunadarma Kalimalang

2010


Kata Pengantar

Puji syukur dan terimakasih penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan petunjuknya, serta dukungan serta do’a dari orang tua, dosen, teman-teman, serta yang lainnya, karena penulis dapat menyelesaikan tulisan ini yang berupa makalah dengan judul “Manajemen Keuangan 1” guna memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Keuangan 1 yang diberikan oleh Ibu Lies Henderajaningsih.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan maupun kekurangan, baik dari segi pengetikan, maupun materi yang di sajikan. Oleh sebab itu, saran dan kritik dari semua pihak yang terkait sangat di harapkan agar makalah ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukannya. Tidak lupa pula penyusun haturkan permohonan maaf sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kata-kata yang salah dan tidak sesuai.

Bekasi, Maret 2010

Penulis

Kelompok III


A. Pendahuluan

Manajemen keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund). Manajer keuangan berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada berbagai aktiva dan pemilihan sumber-sumber dana untuk membelanjai aktiva tersebut. Untuk memperoleh dana, manajer keuangan bisa memperolehnya dari dalam maupun luar perusahaan. Sumber dari luar perusahaan berasal dari pasar modal, bisa berbentuk hutang atau modal sendiri.

B. Fungsi keuangan

ü Mengambil keputusan investasi:

Memilih satu atau lebih alternatif investasi yang dinilai paling menguntungkan.

ü Mengambil keputusan pembelanjaan:

Memilih satu atau lebih alternatif pembelanjaan yang menimbulkan biaya paling murah.

ü Mengambil keputusan dividen:

Menentukan berapa besar bagian laba yang diperoleh perusahaan akan dibayarkan sebagai dividen kepada pemegang saham.

C. Fungsi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden suatu perusahaan, dengan demikian tugas manajer keuangan adalah merencanakan untuk memaksimumkan nilai perusahaan. Kegiatan penting lainnya yang harus dilakukan manajer keuangan menyangkut empat aspek yaitu :

  1. Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer lainnya yang bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
  2. Manajer keuangan harus memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, serta segala hal yang berkaitan dengannya.
  3. Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer di perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin.
  4. Manajer keuangan harus mampu menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana perusahaan dapat memperoleh dana dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan.

D. Tujuan Perusahaan

Pada dasarnya tujuan manajemen keuangan adalah memaksimumkan nilai perusahaan. Akan tetapi dibalik tujuan tersebut masih terdapat konflik antara pemilik perusahaan dengan penyedia dana sebagai kreditur. Jika perusahaan berjalan lancar, maka nilai saham perusahaan akan meningkat, sedangkan nilai hutang perusahaan dalam bentuk obligasi tidak terpengaruh sama sekali. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai dari saham kepemilikan bisa merupakan indeks yang tepat untuk mengukur tingkat efektifitias perusahaan. Berdasarkan alasan itulah, maka tujuan manajemen keuangan dinyatakan dalam bentuk maksimalisasi nilai saham kepemilikan perusahaan, atau memaksimalisasikan harga saham. Tujuan memaksimumkan harga saham tidak berarti bahwa para manajer harus berupaya mencari kenaikan nilai saham dengan mengorbankan para pemegang obligasi.

Aspek penting lain dari tujuan perusahaan dan tujuan manajemen keuangan adalah pertimbangan terhadap tanggung jawab sosial yang dapat dilihat dari empat segi yaitu :

1. Jika manajemen keuangan menuju pada maksimalisasi harga saham, maka diperlukan manajemen yang baik dan efisien sesuai dengan permintaan konsumen.

2. Perusahaan yang berhasil selalu menempatkan efisiensi dan inovasi sebagai prioritas, sehingga menghasilkan produk baru, penemuan teknologi baru dan perluasan lapangan pekerjaan.

3. Faktor-faktor luar seperti pencemaran lingkungan, jaminan keamanan produk dan keselamatan kerja menjadi lebih penting untuk dipertimbangkan. Fluktuasi di semua tingkat kegiatan bisnis dan perubahan-perubahan yang terjadi pada kondisi pasar keuangan merupakan aspek penting dari lingkungan luar.

4. Kerjasama antara industri dan pemerintah sangat diperlukan untuk menciptakan peraturan yang mengatur perilaku perusahaan, dan sebaliknya perusahaan mematuhi peraturan tersebut.

Tujuan perusahaan pada dasarnya adalah memaksimumkan nilai perusahaan dengan pertimbangan teknis sebagai berikut :

1. Memaksimumkan nilai bermakna lebih luas daripada memaksimumkan laba, karena memaksimumkan nilai berarti mempertimbangkan pengaruh waktu terhadap nilai uang.

2. Memaksimumkan nilai berarti mempertimbangkan berbagai resiko terhadap arus pendapatan perusahaan.

3. Mutu dari arus dana yang diharapkan diterima di masa yang akan datang mungkin beragam.

E. Manfaat Nilai Waktu Uang

Berbagai keputusan tentang struktur keuangan, lease atau beli, pembayaran kembali obligasi, teknik penilaian surat berharga dan permasaahan biaya modal merupakan keputusan yang memerlukan pengetahuan tentang nilai waktu uang.

F. Future Value

Future value (nilai akan datang) adalah nilai uang di masa yang akan datang dengan tingkat bunga tertentu. Future value dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut :

Text Box: FV = PV ( 1 + r )n

FV = (Future Value (Nilai Pada akhir tahun ke n)

PV = (Nilai Sekarang (Nilai pada tahun ke 0)

r = Suku Bunga

n = Waktu (tahun)

Rumus di atas mengasumsikan bahwa bunga digandakan hanya sekali dalam setahun, jika bunga digandakan setiap hari, maka rumusnya menjadi :

Text Box: FV = PV ( 1 + r / 360)360n

Untuk menggambarkan penggunaan rumus di atas, maka diberi contoh berikut ini :

Pada tanggal 2 Januari 2000, Agung menabung uangnya ke Bank Mandiri sebesar Rp.2.000.000, dengan tingkat bunga sebesar 12% pertahun. Hitung nilai tabungan Agung pada tanggal 2 Januari 2002, dengan asumsi :

1. Bunga dimajemukkan setahun sekali

2. Bunga dimajemukkan sebulan sekali

3. Bunga dimajemukkan setiap hari

Jawab :

  1. FV = Rp. 2.000.000 (1 + 0,12)2

= Rp. 2.508.800

  1. FV = Rp. 2.000.000 (1 + 0,12/12)12(2)

= Rp. 2.539.470

  1. FV = Rp. 2.000.000 (1 + 0,12/360)360(2)

= Rp. 2.542.397

G. Present Value

Present value adalah berapa nilai uang saat ini untuk nilai tertentu di masa yang akan datang. Present value bisa dicari dengan menggunakan rumus future value atau dengan rumus berikut ini :

Text Box: PV = FV ( 1 + r )-n

FV = Future Value (Nilai Pada akhir tahun ke n)

PV = Nilai Sekarang (Nilai pada tahun ke 0)

r = Suku Bunga

n = Waktu (tahun)

Rumus di atas mengasumsikan bahwa bunga digandakan hanya sekali dalam setahun, jika bunga digandakan setiap hari, maka rumusnya menjadi :

Text Box: PV = FV ( 1 + r / 360)-360n

Untuk menggambarkan penggunaan rumus di atas, maka diberi contoh berikut ini :

Harga sepeda motor 2 tahun mendatang sebesar Rp. 10.000.000. Tingkat bunga rata-rata 12% setahun. Berapa yang harus ditabung Agung saat ini agar dapat membelinya dua tahun mendatang, dengan asumsi :

1. Bunga dimajemukkan setahun sekali

2. Bunga dimajemukkan sebulan sekali

  1. PV = Rp. 10.000.000 (1 + 0,12)-2

= Rp. 7.971.939

  1. PV = Rp. 10.000.000 (1 + 0,12/12)-12(2)

= Rp. 7.875.661

H. Anuiti

Anuiti adalah rentetan pembayaran yang biasanya sama besar yang dibayarkan pada interval waktu yang sama, misalnya premi asuransi, pelunasan hipotik, pembayaran sewa, pembayaran cicilan dalam pembelian angsuran, pembayaran bunga obligasi dan sebagainya. Present value dan Future value anuitas dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut :

Text Box:                           1 − (1+ r )− n   PV anuiti = X               r


Text Box:                            (1+ r )  n – 1  PV anuiti = X               r


Untuk menggambarkan penggunaan kedua rumus di atas, diberikan contoh berikut ini :

Harga sepeda motor 2 tahun mendatang sebesar Rp. 10.000.000. Tingkat bunga rata-rata 12% setahun. Berapa yang harus ditabung Agung setiap bulan mulai tanggal 2 Januari 2000, agar dapat membelinya dua tahun mendatang.

Jawab :

(1+ r ) n −1

FV Anuiti = X

r


(1 + 0,01 ) 24 - 1

10.000.000 = X

0,01

10.000.000 = 26,97 X

Berarti Agung harus menabung sebesar Rp. 370.782 perbulan agar dapat membeli sepeda motor tersebut.

I. Analisis Laporan Keuangan

Untuk mengetahui kondisi dan prestasi keuangan perusahaan, bisa dilakukan dengan analisa laporan keuangan. Analisa yang dilakukan mempunyai tekanan yang berbeda antara kreditor jangka pendek, kreditor jangka panjang dan pemilik perusahaan. Ada yang lebih tertarik pada posisi likuiditas dan ada yang tertarik pada profitabilitaas. Alat analisa yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi dan prestasi keuangan perusahaan adalah analisa rasio dan proporsional.

Pada umumnya rasio keuangan yang dihitung bisa dikelompokkan menjadi enam jenis yaitu :

1. Rasio Likuiditaas. Rasio ini untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial jangka pendeknya. Rasio likuiditas yang sering digunakan dalah current ratio, quick ratio (acid test ratio) dan cash ratio.

2. Rasio Leverage. Rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa banyak dana yang disupply oleh pemilik perusahaan dalam proporsinya dengan dana yang diperoleh dari kreditur perusahaan. Rasio ini mempunyai beberapa implikasi, pertama, para pemberi kredit akan melihat kepada modal sendiri untuk melihat batas keamanan pemberian kredit. Kedua, dengan menggunakan hutang, memberi dampak yang positif bagi pemilik, karena perusahaan memperoleh dana tetapi pemilik tidak kehilangan kendali atas perusahaan. Ketiga, apabila perusahaan mendapat keuntungan yang lebih besar dari beban bunga, maka keuntungan bagi pemilik modal sendiri akan menjadi lebih besar. Di dalam praktek rasio ini dihitung dengan dua cara. Pertama, dengan memperhatikan data yang ada dineraca. Kedua, mengukur resiko hutang dari laporan laba rugi, yaitu seberapa banyak beban tetap hutang bisa ditutup oleh laba operasi. Kedua, kelompok rasio ini bersifat saling melengkapi, dan umumnya para analis menggunakan keduanya. Analisa ini terdiri dari Debt Ratio (rasio hutang), Times Interest Karned, Fixed Charger Coverage dan Debt Service Coverage.

3. Rasio Aktivitas. Rasio ini digunakan untuk mengukur efektifitas manajemen dalam menggunakan sumber dayanya. Semua rasio aktifitas melibatkan perbandingan antara tingkat penjualan dan investasi pada berbagai jenis harta. Rasio ini terdiri dari inventory turn over, periode pengumpulan piutang, fixed asset turn over, dan total asset turn over.

4. Rasio Profitabilitas. Rasio ini digunakan untuk mengukur efektifitas manajemen yang dilihat dari laba yang dihasilkan terhadap penjualan dan investasi perusahaan. Rasio ini terdiri dari profit margin on sales, return on total asset, return on net worth.

5. Rasio Pertumbuhan. Rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa baik perusahaan mempertahankan posisi ekonominya pertumbuhan ekonomi dan industri.

6. Rasio Penilaian. Rasio ini merupakan ukuran prestasi perusahaan yang paling lengkap oleh karena rasio tersebut mencemirkan kombinasi pengaruh dari rasio resiko dengan rasio hasil pengembalian.

Ringkasan analisis rasio keuangan tersebut di atas, dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Rasio

Rumus

Likuiditas :

Current Ratio

Aktiva Lancar X 100 %

Hutang Lancar

Acid Test Ratio

Aktiva Lancar − Persediaan

X 100 %

Hutang Lancar

Leverage :

Debt Ratio

Total Hutang X 100 %

Total Aktiva

Times Interest Earned

Laba Sebelum Bunga dan Pajak

Beban Bunga

Fixed Charged Coverage

Laba Sebelum Bunga , Pajak, dan Sewa


Beban Bunga + Beban Sewa

Aktivitas :

Raw Material Turn Over

Biaya Bahan yang Digunakan

Persediaan Raw Material Rata − Rata

WIP Turn Over

Harga Pokok Produksi

Persediaan WIP Rata − Rata

Finished Goods Turn Over

H arg a Pokok Penjualan

Persediaan Finished Good Rata − Rata

Fixed Assets Turn Over

Penjualan

Net Aktiva Tetap

Total Asset Turn Over

Penjualan

Total Aktiva

Periode Pengumpulan Piutang

Piu tan g


Penjualan perhari

Profitabilitas :

Profit Margin (Net)

Laba Setelah Pajak x 100%


Penjualan

Return on Total Assets

Laba Bersih Setelah Pajak x 100%

Total Aktiva

Profit Margin

Laba Sebelum Bunga dan Pajak x 100%

Penjualan

Rentabilitas Ekonomi

Laba Sebelum Bunga dan Pajak x 100%

Total Aktiva

Return on Net Worth

Laba Setelah Pajak x 100%

Modal Sendiri

Return on Total Asset

Laba Bersih Setelah Pajak x 100%

Total Aktiva

DAFTAR PUSTAKA

Erlina.2002.“Manajemen Keuangan”.repository.usu.ac.id.


4 komentar:

  1. Trims, izin mbaca yaa...
    http://www.tandagenap.com|kejar paket c

    BalasHapus
  2. kunjungi blog saya juga http://igedearisuciptayasa.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. terima kasih atas infonya. salam knal ya.
    salam untuk bersilahturahmi. bisa kunjungi blok saya http://bloghairulbahri92.blogspot.com/

    BalasHapus