Senin, 03 Januari 2011

11 SIKAP DAN KEBIASAN entrepreneur / PENGUSAHA

1. Mandiri / Tidak Terlalu Bergantung pada Orang Lain

Mereka ingin mengendalikan masa depan mereka sendiri, sehingga mereka memutuskan untuk menjadi bos bagi diri sendiri, bukannya menjadi budak bagi orang lain.

2. Gigih dan Bertekad Bulat

Mereka gigih berusaha untuk mewujudkan cita-cita, meski dihadang oleh hambatan yang mereka temui di tengah perjalanan mereka. Kegigihan dan kebulatan tekad mereka diperkuat oleh suatu bahan bakar yang bernama keinginan membara untuk mencapai tujuan keberhasilan dalam bidang bisnis mereka masing-masing.

3. Percaya Diri

Kemandirian mereka juga disertai dengan kepercayaan diri. Mereka percaya akan kemampuan mereka sendiri, dan mereka memastikan bahwa mereka berusaha sebaik mungkin dan sekaligus mengharapkan hasil terbaik dari usaha mereka. Dunia bisnis sangatlah kompetitif, dan dunia bisnis bukanlah tempat yang cocok untuk orang-orang yang hanya setengah hati dalam berbisnis.

4. Kreatif

Dalam dunia bisnis, seseorang tak bisa terus bersikap puas dan tidak kreatif, kecuali ia ingin tertinggal oleh kompetitornya yang lain. Karena itu, ia harus kreatif agar bisa memunculkan ide-ide baru, sekaligus agar bisa memunculkan solusi untuk masalah yang menghambat bisnisnya.

Orang yang kreatif biasanya selalu ingin tahu dan fleksibel dalam berpikir. Mereka mampu mengamati lingkungan dan menangkap atau menciptakan peluang usaha.

5. Terorganisasi dan Goal-oriented / berorientasi pada tujuan

Seorang entrepreneur tahu nilai dari suatu organisasi dalam usahanya berbisnis. Setiap usaha harus difokuskan untuk mencapai sasaran. Entrepreneur atau pengusaha yang baik akan merencanakan langkah-langkahnya, sehingga ia bisa menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat.

6. Visioner

Seorang pengusaha memiliki visi untuk masa depannya. Dalam setiap usahanya, ia dibimbing oleh visinya. Visinya bisa berupa visi jangka pendek, menengah, atau panjang, yang semuanya berfungsi untuk mengembangkan bisnis mereka.

7. Berani mengambil risiko dan mentoleransi kegagalan

Pengusaha yang baik tahu bahwa kegagalan itu biasa dalam berbisnis. Mereka tidak menyerah dan selalu mengambil pelajaran dari kegagalan yang mereka temui, kemudian mereka selalu melanjutkan perjalanan mereka.

8. Bekerja keras

Tak akan ada keberhasilan tanpa kerja keras.

9. Tahu dan peduli masalah keuangan

Pengusaha yang sukses tahu akan nilai / value dari uang, dan mereka bersikap hati-hati tentang keuangan. Biasanya, pengusaha yang sukses telah belajar tentang nilai uang dan bagaimana mengatur keuangan sejak dini. Banyak dari mereka yang tahu bagaimana menghargai nilai uang dengan cara mencari uang ketika masih kecil, seperti misalnya dengan menjual koran atau memotong rumput tetangga.

10. Komitmen

Seorang pengusaha tak akan bisa sukses jika ia sudah menyerah ketika melihat satu tanda-tanda masalah.

11. Jujur

Tanda seorang pengusaha sukses terwujud dari cara kerjanya yang jujur, yang nantinya akan menuntun pada reputasi yang bagus serta hubungan yang baik dengan rekan bisnis maupun pelanggan.







DI KUTIP DARI LINK : http://www.justelsa.com/2009/05/11-sikap-dan-kebiasaan-entrepreneur.html


jam : 21.45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar