Senin, 03 Januari 2011

tugas kewirausahaan 2 kelas 2 DD 04

Nama : Deni Dwi Lestari
Npm : 31209515
Kelas : 2 DD 04
Tugas : kewirausahaan 2


Soal.

1. Dari usaha yang akan anda dirikan, identifikasilah kebutuhan SDM bagi usaha anda! meliputi : keahliannya, pendidikannya serta pengalaman kerjanya. Jelaskan pula metode recruitmen yang anda gunakan !
2. Masih dari usaha yang akan anda dirikan, susunlah perencanaan bentuk organisasinya. Gambarkan juga struktur organisasi dari usaha yang akan anda dirikan !

Jawab

1. saya akan membuka usaha yang bernama BAKSO CINTA, mungkin usaha yang saya akan buat ini sudah pasaran di kalangan usahawan. Tapi, menurut saya ini beda dari pada yang lain, mungkin bahan dasarnya sama seperti bakso-bakso biasanya tapi yang membuat saya ingin usaha ini, saya akan memodofikasi bentuk dan citra rasa pada bakso yang saya akan buat. Otomatis dan insyallah konsumen pun akan tertarik pada usaha yang saya buat. Pada usaha yang saya buat saya akan mengidentifikasi kebutuhan SDM nya meliputi mulai dari :
- Keahlian pendidikannya : pada usaha yang saya akan jalankan ini, mungkin pada keahlian pendidikannya tidak di formalitaskan harus lulusan D3 atau S1 karena dengan modal kita bisa menghitung dan mengetahui laba yang akan di peroleh kita bisa lanjut menjalankan usaha ini. Minimal keahlian dalam pendidikannya SMA sederajat.
- Pengalaman Bekerja : dengan menganalisa usaha yang akan saya jalankan ini pada pengalaman kerjanya perlu di perhatikan, apalagi pada pengalaman bekerja yang memang dia melayani suatu konsumen, karena dengan pengalaman yang sudah ada kita bisa lebih terampil lagi dengan melayani suatu konsumen. Jadi usaha yang saya akan jalankan ini, harus memenuhi persyaratannya. Seperti minimal punya pengalaman dalam bekerja dan mengetahui cara melayani konsumen yang baik seperti apa. Tapi, usaha yang saya akan jalankan tidak harus minimal keahlian pendidikannya harus D3 atau S1 yang penting tau tentang perhitungan dan menetapkan harga seperti apa, bisa lanjut di teruskan usahanya.
- Metode recruitmen : Usaha yang saya jalankan ini pada metode recruitmen nya, yaitu dengan melihat karyawan satu persatu dengan saya terjun langsung melihat bagaimana karyawan saya melayani konsumen dengan baik, dan memberi kepuasan sendiri terhadap konsumen dan usaha yang saya jalankan. Usaha saya ini dalam merecruitmen karyawannya yang pertama dengan melihat bagaimana karyawan itu sudah memberi kepuasan dalam konsumen dan usaha saya, jika itu sudah terpenuhi karyawan itu saya rekrut dan jabatan di pekerjaanya saya taikan misalnya yang tadinya hanya menjadi pelayan konsumen biasa dengan keterampilan yang baik dan punya trik tersendiri karyawan itu saya taikan jabatannya menjadi assiten Ketua pelayanan pada konsumen. Dan pada ketua pelayanan konsumen jika ia bisa melayani keluhan-keluahan pada konsumen dan mengatasi dengan sangat baik karyawan tersebut bisa saya taikan jabatannya menjadi assiten menejer.


2. struktur organisasi pada usaha BAKSO CINTA

Manajer =► Wakil Manajer =► customer servis =► karyawan pelayan konsumen

Manajer : pada struktur ini tugas manajer memantau seluruh kegiatan usahanya memantau bagaimana pelayan melayani konsumen dengan baik sehingga konsumen pun merasa terpuasi dengan kebutuhannya.

Wakil manajer : pada struktur wakil manajer tidak jauh beda dengan tugas seorang manajernya, pada bagian ini sama wakil manajer juga memantau kegiatan karyawan-karyawannya yang bekerja dengan baik dan benar, setelah itu tugas wakil manajer selain sama memantau karyawannya si wakil tersebut juga melaporakan tentang kejadian-kejadian yang ada di lokasi usaha.tinggal manajer terjun langsung jika ada yang terkendala.

Costumer servis : pada bagian ini tugas seorang costumer servis di bagian usaha bakso cinta ini, melayani keluhan atau kekurangan servis yang telah di berikan untuk konsumen dari karyawan-karyawannya.

karyawan pelayan konsumen : pada bagian ini seorang pelayan harus melayani konsumen dengan baik, ramah, tamah dan membuat konsumen terpikat dengan pelayanan yang usaha kami buat sehingga konsumen tersebut akan kembali membeli dan mengkonsumsi bakso cinta pada usaha saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar