Sabtu, 28 Mei 2011

Perencanaan pesan – pesan bisnis .

Nama : Deni Dwi Lestari
Kelas : 2 DD 04
Npm : 31209515
Tugas : Komunikasi Bisnis
Dosen : Ibu Handayani


TUGAS SOFSKILL.

1. Perencanaan pesan – pesan bisnis .

Jawab


Di dalam suatu perusahaan jika kita ingin melakukan bisnis dengan rekan kerja kita, kita harus memperhatikan tentang perencanaan pesan – pesan pada bisnis yang akan di sampaikan oleh rekan kerja kita. Sebelum membahas lebih lanjut kita terlebih dahulu membahas tentang pengertian dari perencanaan pesan – pesan bisnis yaitu : proses komposisi penyusunan pesan bisnis. Proses itu sendiri terdiri dari perencanaan tujuan audiens, ide, saluran ; pengorganisasian ide; membuat draf, merangkai kata / kalimat/ paragraph; dan merevisi.

Tujuan dalam perencanaan bisnis harus dievaluasi apakah tujuan realistis, waktu tepat, dan dapat diterima. Tujuan juga harus diuji apakah sesuai dengan kemampuan, ketepatan waktu dan orang, dan selaras dengan tujuan organisasi.
Untuk membuat perencanaan bisnis yang baik komunikator perlu melakukan analisis audiens. Caranya aadalah dengan mengembangkan profil audiens dan menganalisa pemuasan konsumen. Komunikator mengantisipasi rekasi audiens, memperkirakan jumlah, mengetahui hubungan komunikator dengan audiens apakah kenal atau tidak. Untuk pemuasan audiens komunikator perlu mengetahui kebutuhan informasi audiens. Pemuasan juga bisa dilakukan dengan motivasional dengan pendekatan argumentasi, rasional, dan emosi audiens. Pemuasan emosional digunakan untuk mengubah perilaku audiens. Akan tetapi ada hambatan yaitu audiens cederung tidak mau berubah untuk hal baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar