Senin, 01 November 2010

Tugas Kewirausahaan 2 DD 04

TUGAS SOFTSKILLS KEWIRAUSAHAAN
Nama : DENI DWI LESTARI
NPM : 31209515
Kelas : 2DD04
Dosen : Joko Utomo



1. Jelaskan peranan kewirausahaan bagi pembangunan ekonomi suatu negara! Jelaskan pula bagaimana peranan kewirausahaan bagi pembangunan di Indonesia !

2. Uraikan jenis usaha yang akan anda jalankan ! uraikan juga alasan mengapa anda memilih jenis usaha tersebut


JAWAB

1 Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi, namun faktor-faktor tersebut dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan faktor nonekonomi. Faktor ekonomi yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan. Mengapa kewirausahaan masuk kedalam faktor pembangunan suatu Negara? Itulah yang menjadi pertanyaan, seberapa besarkah peranan kewirausahaan dalam pembanguna ekonomi Negara?
Kewirausahaan sendiri dapat didefinisikan sebagai sesuatu kemampuan kreatif dan inovatif (create new and different) yang dijadikan kiat, dasar, sumber daya, proses dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang dilakukan dengan keberanian untuk menghadapi risiko.


2. Usaha yang saya akan jalan kan yaitu ingin membuka usaha Bakso Cinta, karena saya memilih usaha bakso cinta karena, saya menganggap bahwa jenis yang saya tawarkan berupa makanan seperti bakso dengan bentuk yang berbeda dari bakso-bakso lain yang biasanya. Bakso cinta ini bisa di konsumsi dari mulai anak kecil hingga dewasa, dan harganya pun sangat relatif murah jadi dari mulai kalangan ekonomi menengah hingga ke atas bisa mengkonsumsi makanan yang saya jual. Usaha yang saya jalankan ini tidak terlalu rumit di cari oleh banyak kalangan, karena saya berjualan di area sekolah seperti Sd, Smp, Sma dan nggak mau kalah juga saya berjualan di area universitas. Mungkin saya memilih area berjualan di lingkungan sekolahan dan perguruan tinggi karena saya menganggap usaha yang saya jalankan ini dapat berkembang dengan baik, misalnya saat jam anak sekolah istirahat anak-anak sekolah pun dapat mengunjungi kedai bakso cinta yang saya jualkan dengan harga yang relatif murah bisa di dapat dengan rasa enak dan bentuk bakso yang unik, dan sama juga seperti di daerah universitas insyallah banyak yang mengunjungi karena saat menunggu jam kelas selanjutnya mereka bisa berkunjung terlebih dahulu di kedai bakso cinta yang saya jual sambil mengajak pasangan mereka bisa makan siang bersama sambil menikmati rasa dan bentuk yang lezat dan unik. Mudah-mudahan usaha yang saya akan jalankan beserta jangka panjang yang telah saya rencanakan bisa terwujud amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar